Rabu, 08 Desember 2010

Yamaha Hadirkan New YZF-R15 2011


December 1, 2010
Yamaha Hadirkan New YZF-R15 2011
GilaMotor. SHIZOUKA - Bersama dengan nama besar R1 dan R6, New YZF-R15 kembali hadir dalam jajaran keluarha motor sport Yamaha. Motor sport entry-level ini tersedia dalam dua pilihan warna, racing blue dan midnight black.
Kehadiran Yew YZF-R15 diproyeksikan bagi pengendara motor sport pemula yang ingin menikmati aura balap, sebagai warisan berharga dari keluarga motor sport Yamaha.
Diberitakan autotoevolution.com, Rabu (1/12), New baby YZF ini dibekali dengan mesin berkapasitas 149.8 cc, 4 langkah, silinder tunggal, SOHC, 4 katup, berpendingin cairan dengan sistem pengkabutan bahan bakar injeksi.
Dengan single overhead cam dan sistem pelumasan basah, baby YZF memiliki kompresi perbandingan mesin mecapai 10.4:1.
Seperti motor-motor Yamaha lainnya, baby YZF ini juga dibekali dengan teknologi forged aluminium piston dan DiASil cylinder (Die Aluminium Silicon) yang memiliki beberapa keunggulan, salah satunyta kemampuan pendinginan yang baik.
Teknologi ini diklaim Yamaha mampu menjaga kondisi mesin tetap stabil saat dikendarai. Selain itu, konsumsi bahan bakar lebih irit dan daya tahan mesin terhadap gesekan menjadi lebih besar.
New YZF-R15 juga dibekali dengan transmisi manual 6 percepatan. Pabrikan motor asal Jepang ini juga menjanjikan bahwa baby YZF ini memiliki posisi berkendara yang nyaman bagi pengendara dan penumpang.
New YZF-R15 2011 ini dibandrol dengan harga US$ 3.900 atau sekitar Rp 35.23 juta.

CBR250R Mugen Lebih Agresif


December 2, 2010
CBR250R Mugen Lebih Agresif
GilaMotor, BANGKOK. – Hadir dengan serangkaian teknologi yang diusungnya, Honda New CBR250R ternyata mampu menggoda tim tuner internal Honda, Mugen, untuk memberikan sedikit sentuhan pada desain dan mesinnya.
Mugen merupakan pemasok part modifikasi mobil keluaran Honda.
Dari hasil sentuhan para tuner tim Mugen, New CBR250R tampil menjadi sport bike yang lebih sporti dan agresif. Kesan ini mencuat berkat perpaduan warna merah dan hitam pada bodinya serta pengaplikasian windshield baru yang lebih atraktif.
Untuk menselaraskan dengan warna bodi, jok pun dibalur dengan warna merah dan logo Mugen. Tak hanya pada Jok, logo Mugen juga dibubuhi pada bagian depan New CBR250R.
Pada tangki, New CBR250R Mugen dibubuhi garis berwarna emas. Sementara itu pada sisi velg juga diberikan sentuhan warna merah dengan tulisa Mugen.
Guna mendukung tampilan yang agresif, knalpot standar CBR250R digantikan dengan kenalpot dari Mugen guna mendongkrak tenaga dan suara yang lebih sporti.
Disektor mesin, tim Mugen tak melakukan sentuhan sedikitpun, menurut Mugen, tanpa perubahan pun mesin New CBR250R sudah mumpuni.
Dengan katalain, New CBR250R ini masih mengusung mesin berkapasitas 249 cc 4 langkah, 4 katup silinder tunggal DOHC berpendingin cairan. Dengan transmisi 6 percepatan, New CBR250R juga mengaplikasi sistem Programmed Fuel Injection System (PGM-FI).
Selain itu, CBR250R juga dilengkapi dengan fitur oxygen sensor yang mempu bekerja layaknya catalisator guna mencapai standar emisi Euro 3.
All New CBR 250 ini merupakan motor sport kelas medium pertama yang mengaplikasi teknologi pengereman dengan sistem Combi- Antilock Braking System (ABS).
Dikatakan Motorcycle Thailand, sistem ini memberi keuntungan ganda bagi pengendara di sektor keselamatan. Dalam kecepatan tinggi, sistem Combi-ABS ini akan mudah mengurangi kecepatan tanpa hentakan berlebih yang seolah akan melampar badan kearah depan.
Sistem pengereman ini tidak menunjukkan gejala getaran yang akrab dengan teknologi ABS. Kendati pengereman keras dilakukan dalam kecepatan tinggi, motor ini tetap stabil.
Menurut Honda, Combi-ABS terbaru ini bereaksi dalam waktu 6 milidetik atau 4 kali lebih cepat dibandingkan dengan yang ada di pasaran sekarang. Hal ini membuat sistem Combi-ABS ini bekerja dengan halus dan membatu pengendara mengendalikan kendaraannya.
Sayangnya, Honda CBR250R Mugen ini hanya tersedia di pasar Thailand saja yang merupakan basis produksinya. Selain itu, bandrol harganya pun belum disebutkan pabrikan tersebut.

Yamaha Hadirkan Project 14B dan 13S


December 3, 2010
Yamaha Hadirkan Project 14B dan 13S
Yamaha Hadirkan Poroject 14B dan 13S
GilaMotor, LONDON. – Bersamaan gelaran Carole Nash Motorcycle Live di Birmingham, Inggris, beberapa waktu lalu, Yamaha menghadirkan produk hasil kolaborasi dengan perusahaan spesialis suspensi, Ohlins.
Pengaplikasian piranti suspensi Ohlins digunakan pada Yamaha YZF-R1 atau disebut sebagai Project 14B dan YZF-R6 atau disebut sebagai Project 13S.
Hasil kolaborasi kedua perusahaan ini, YZF-R1 edisi khusus dilengkapi shock Ohlins TTX 336 dan sepasang garpu Ohlins Road & Track.
Selain itu, YZF-R1 juga dilengkapi dengan rem cakram Galfer Wavy, dua tuas ASV, Gilles rear set, sepasang Akrapovic carbon pada knalpot serta paket cat baru.
Sementara pada YZF-R6 menggunakan Cartridge NIX Ohlins 30 milimeter yang berfungsi untuk mendongkrak performa garpu bawaan dari pabrik. Modifikasi itu terinspirasi oleh model yang sama pada motor yang digunakan pembalap World Superbike asal Inggris yang sekarang telah menggunakan M1 di tim MotoGP Yamaha Monster Tech 3, Cal Crutchlow.
“Ohlins dan Yamaha memiliki sejarah kerja sama dan cara yang lebih baik untuk menampilkan potensi pemimpin sportbike kami dengan  melengkapi suspense dari Ohlins,” ujar Karl Radley, Marketing Co-ordinator Powersport, Part & Accessories, Yamaha Inggris.
Senada dengan Yamaha, Ohlins pun mengakui ada hubungan baik yang telah terjalin antara Ohlins dan Yamaha.
Menurut Chris Witter, Business Development Manager, Ohlins Racing Inggris dalam laman autoevelution.com, semua pemilik Yamaha diharapkan bisa terinspirasi kala melihat motor edisi khusus ini.
GilaMotor, LONDON. – Bersamaan gelaran Carole Nash Motorcycle Live di Birmingham, Inggris, beberapa waktu lalu, Yamaha menghadirkan produk hasil kolaborasi dengan perusahaan spesialis suspensi, Ohlins.
Pengaplikasian piranti suspensi Ohlins digunakan pada Yamaha YZF-R1 atau disebut sebagai Project 14B dan YZF-R6 atau disebut sebagai Project 13S.
Hasil kolaborasi kedua perusahaan ini, YZF-R1 edisi khusus dilengkapi shock Ohlins TTX 336 dan sepasang garpu Ohlins Road & Track.
Selain itu, YZF-R1 juga dilengkapi dengan rem cakram Galfer Wavy, dua tuas ASV, Gilles rear set, sepasang Akrapovic carbon pada knalpot serta paket cat baru.
Sementara pada YZF-R6 menggunakan Cartridge NIX Ohlins 30 milimeter yang berfungsi untuk mendongkrak performa garpu bawaan dari pabrik. Modifikasi itu terinspirasi oleh model yang sama pada motor yang digunakan pembalap World Superbike asal Inggris yang sekarang telah menggunakan M1 di tim MotoGP Yamaha Monster Tech 3, Cal Crutchlow.
“Ohlins dan Yamaha memiliki sejarah kerja sama dan cara yang lebih baik untuk menampilkan potensi pemimpin sportbike kami dengan  melengkapi suspense dari Ohlins,” ujar Karl Radley, Marketing Co-ordinator Powersport, Part & Accessories, Yamaha Inggris.
Senada dengan Yamaha, Ohlins pun mengakui ada hubungan baik yang telah terjalin antara Ohlins dan Yamaha.
Menurut Chris Witter, Business Development Manager, Ohlins Racing Inggris dalam laman autoevelution.com, semua pemilik Yamaha diharapkan bisa terinspirasi kala melihat motor edisi khusus ini.

Info Dan Tips Safety Riding Saat Touring


Kalau sebelumnya sudah kita bahas tadi mengenai perbedaan antara Geng Motor, Club Motor dan Motor Community, sekarang kita ngebahas hal hal yang sangat penting banget dalam berkendara, terutama motor.
Seperti yang kita ketahui di Indonesia persentasi orang yang memiliki kendaraan roda dua lebih banyak ketimbang lainnya. Dan tidak semua pengendara motor rapi, tertib dan teratur. Malah lebih banyak yang amburadul dan ugal-ugalan.
Bagi para Club-Club dan Komunitas-Komunitas motor, pastinya sudah tau tata cara dalam berkendara selama di jalan. Baik secara personal maupun touring.
Nah supaya kita bisa lebih aman dan nyaman selama dalam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor, ada baiknya temen-temen mengetahui tata cara dan sedikit tips dalam berkendaraan selama touring.
Safety Riding adalah cara berkendara yang aman dan nyaman baik bagi pengendara itu sendiri maupun terhadap pengendara lain.
Point-point yang harus di perhatikan :
  • Kelengkapan kendaraan bermotor standar.
  • Kaca spion wajib ada 2 buah di kiri dan kanan.
  • Lampu depan, lampu rem, riting kiri-kanan, klakson yang berfungsi.
  • STNK dan SIM selalu siap / tidak expired.
  • Plat Nomor depan belakang.
  • Memakai perlengkapan Safety Riding yang relatif paling aman apabila tanpa disengaja terjebak dalam situasi terburuk / kecelakaan.
  • Mematuhi peraturan lalu lintas. Paham rambu-rambu lalu lintas.
  • Hindari berkendara agresif. Sabar dan sopan dalam berkendara. Timbulkan simpaty/kekaguman pemakai jalan lain terhadap prilaku berkendara kita. Tidak gampang terprovokasi dengan pemakai jalan lain, tidak arogan.
  • Mengerti posisi sesama pengendara/pemakai jalan bahwa jalan raya digunakan untuk bersama. Jadi sebisa mungkin menghindari perilaku-perilaku seperti meng-klakson berlebihan, menggunakan aksesoris yang dapat mengganggu pemakai jalan lain seperti klakson kebo/anjing, sirine, strobo dsb. Prinsipnya, The Road is Not Yours Brother.
Istilah-Istilah Dalam Touring :
  • Kapten = Pimpinan Touring
  • Vorijder = Yang ngatur jalan dan harus tau tekhnik isyarat tangan
  • Safety Officer = yang ngarahin keselamatan anggota tour.
  • Sweeper = Pengatur barisan (formasi)
  • Technical Officer = Bagian Teknik untuk kerusakan kecil.
Bentuk Barisan Saat Touring
1. Isyarat Formasi 1 Baris
Tangan kiri tergenggam dan jari telunjuk di acungkan keatas. Captain menginstruksikan agar formasi barisan berbentuk berurut. Peserta bebas menentukan posisinya terhadap badan jalan.
2. Isyarat Formasi 2 Baris
Tangan kiri tergenggam, Jari telunjuk dan jari tengah di acungkan keatas. Captain menginstruksikan agar formasi barisan berbentuk zig-zag.
3. Isyarat Formasi Parade
Tangan kiri tergenggam, Jari telunjuk dan jari kelingking di acungkan keatas. Captain menginstruksikan agar formasi barisan berbentuk 2 baris berbanjar.
Nah tata cara barisan seperti ini, hukumnya wajib dalam touring bermotor. Namun dalam keseharian bisa juga di implementasikan, yaitu agar menjaga jarak dengan kendaraan di depannya. Jika suatu waktu kendaraan di depan anda mengerem mendadak, anda tidak akan ikut menabrak dan tertabrak juga…
Semoga info dan tips ini membantu :)

Motor Mewah Victory Siap Jajah Australia


December 6, 2010
Motor Mewah Victory Siap Jajah Australia
Motor Mewah Victory Siap Jajah Australia
GILAMOTOR.com, Minnesota. – Bersamaan dengan Melbourne Motorcycle Expo pada 26 November lalu, pabrikan motor touring mewah asal Minnesota, Amerika Serikat, Victory, mengabarkan akan memasarkan produk terbaru mereka di negeri Kanguru, Australia.
Seperti diberitakan autoevolution.com, Victory berencana memasarkan motor touring mewah roda tiga ke luar Amerika Serikat pada awal 2011 mendatang.
“Victory telah membawa Vosion Trike ke hajatan Melbourne Motorcycle Show dan akan merakit motor touring mewah tersebut di Australia,” tulis halaman tersebut.
Dalam laman tersebut dikatakan bahwa mesin berkapasitas 1.731 cc V-Twin yang digendongnya, mampu memproduksi tenaga hingga 92 hp dan torsi hingga 148 Nm. Victory juga memberkali Vision Trike dengan peranti transmisi override enam percepatan. Dengan peranti itu, Vision Trike diklaim mampu menunjang kenyamanan berkendara saat melakukan touring.
Layaknya motor touring, Vision Trike dilengkapi dengan tempat penyimpanan berkapasitas 142 liter. Tak cukup sampai disitu, motor mewah ini juga dilengkapi dengan teknologi dual zone climate control, windsihield, cruise control serta sebuah pemutar MP3 sekaligus AM/FM radio dengan empat speaker stereo.
Luxury three-wheeler ini juga dilengkapin dengan peranti keselamatan seperti sistem pengereman retained linked braking system (RLBS).
Kendati belum ada keterangan pasti ikhwal harga jual nya, motor dengan panjang bodi 2,77 meter dan jarak sumbu roda mencapai 1,77 meter ini, akan dijual dalam jumlah terbatas dengan tiga pilihan warna, Crimson Black, Solid Pearl White serta Two-Tone Vogue Silver dan Black.
GILAMOTOR.com, Minnesota. – Bersamaan dengan Melbourne Motorcycle Expo pada 26 November lalu, pabrikan motor touring mewah asal Minnesota, Amerika Serikat, Victory, mengabarkan akan memasarkan produk terbaru mereka di Negeri Kanguru, Australia.
Seperti diberitakan autoevolution.com, Victory berencana memasarkan motor touring mewah roda tiga ke luar Amerika Serikat pada awal 2011 mendatang.
“Victory telah membawa Vosion Trike ke hajatan Melbourne Motorcycle Show dan akan merakit motor touring mewah tersebut di Australia,” tulis halaman tersebut.
Dalam laman tersebut dikatakan bahwa mesin berkapasitas 1.731 cc V-Twin yang digendongnya, mampu memproduksi tenaga hingga 92 hp dan torsi hingga 148 Nm. Victory juga memberkali Vision Trike dengan peranti transmisi override enam percepatan. Dengan peranti itu, Vision Trike diklaim mampu menunjang kenyamanan berkendara saat melakukan touring.
Layaknya motor touring, Vision Trike dilengkapi dengan tempat penyimpanan berkapasitas 142 liter. Tak cukup sampai disitu, motor mewah ini juga dilengkapi dengan teknologi dual zone climate control, windsihield, cruise control serta sebuah pemutar MP3 sekaligus AM/FM radio dengan empat speaker stereo.
Luxury three-wheeler ini juga dilengkapin dengan peranti keselamatan seperti sistem pengereman retained linked braking system (RLBS).
Kendati belum ada keterangan pasti ikhwal harga jual nya, motor dengan panjang bodi 2,77 meter dan jarak sumbu roda mencapai 1,77 meter ini, akan dijual dalam jumlah terbatas dengan tiga pilihan warna, Crimson Black, Solid Pearl White serta Two-Tone Vogue Silver dan Black.

Kobra Elektrik, Tenaganya Tak Habis-habis


December 8, 2010
Kobra Elektrik, Tenaganya Tak Habis-habis
Kobra Elektrik, Tenaganya Tak Habis-habis
GILAMOTOR.com, Milan. – Masalah desain dan mode, Italia memang jagonya, mulai dari busana hingga produk-produk otomotif desainnya selalu terlihat memukau.
Satu dari sekian banyak produk otomotif keluaran Italia adalah Kobra konsep yang diproduksi oleh MotoCzysz, salah satu produsen motor asal negerinya para bintang sepak bola.
Motor konsep bertenaga listrik ini tampil tak seperti motor elektrik kebanyakan, dengan desain yang biasanya sedikit keluar dari pakem desain motor konvensional. Motor yang dirancang oleh Cristiano Giuggioli ini memiliki keunggulan yang khas.
Cristiano rupanya tahu betul bagaimana mendesain sebuah produk agar tampilannya mampu memikat para penggila motor. Selain tampilannya yang proporsional layaknya trend streetfighter, motor elektrik ini juga dibekali dengan fitur yang mampu menyesuaikan postur tubuh pengendara.
Fitur ini disebut sebagai Ergonomic form. Melalui fitur ini, pengendara dapat mengatur dan menyesuaikan suspensi dengan postur tubuhnya, baik berat maupun tinggi badan. Ehmm, keren kan..?
Tak cukup sampai disitu, Kobra juga dibekali fitur yang mampu mengatur posisi setang dan windshield. Dengan fitur ini, pengendara bisa menikmati beragam riding position yang diinginkan.
Wajar saja Giuggioli mengatakan kalau motor ini merupakan motor elektrik multiguna yang mampu memenuhi keinginan dan kebutuhan pengendara. Mau bergaya touring oke, mau bergaya racing juga tak masalah. Bahkan untuk kebutuhan harian pun dijabaninya.
Keunggulan lain yang disodorkan Kobra elektrik ini adalah pengaplikasian suspensi ESA II yang bekerja secara elektrik, dan bisa diatur sesuai kebutuhan. Yang paling menarik adalah sumber tenaga listriknya tak akan pernah habis. Pasalnya motor ini dipersenjatai dengan teknologi robotik, Kinetic Energy Regenerative System (KERS). Jadi, kapan pun melakukan pengereman baterai Lithium nya akan kembali terisi.
Wow.. Dengan fitur dan teknologi yang diusungnya, menjadikan Kobra sebagai motor listrik dengan teknologi paling maju saat ini. Pasalnya teknologi ini mirip dengan teknologi KERS yang diaplikasi pada mobil F1.
Sayangnya, belum ada data teknis yang menyebutkan berapa besar luaran tenaga, torsi, kecepatan puncak dan akselerasinya.
Tapi hal itu bukanlah masalah. Pasalnya, MotoCzysz sendiri merupakan produsen motor balap bertenaga listrik, E1pc. Jadi tak perlu diragukan lagi doong kemampuan larinya.
GILAMOTOR.com, Milan. – Masalah desain dan mode, Italia memang jagonya, mulai dari busana hingga produk-produk otomotif desainnya selalu terlihat memukau.
Satu dari sekian banyak produk otomotif keluaran Italia adalah Kobra konsep yang diproduksi oleh MotoCzysz, salah satu produsen motor asal negerinya para bintang sepak bola.
Motor konsep bertenaga listrik ini tampil tak seperti motor elektrik kebanyakan, dengan desain yang biasanya sedikit keluar dari pakem desain motor konvensional. Motor yang dirancang oleh Cristiano Giuggioli ini memiliki keunggulan yang khas.
Cristiano rupanya tahu betul bagaimana mendesain sebuah produk agar tampilannya mampu memikat para penggila motor. Selain tampilannya yang proporsional layaknya trend streetfighter, motor elektrik ini juga dibekali dengan fitur yang mampu menyesuaikan postur tubuh pengendara.
Fitur ini disebut sebagai Ergonomic form. Melalui fitur ini, pengendara dapat mengatur dan menyesuaikan suspensi dengan postur tubuhnya, baik berat maupun tinggi badan. Ehmm, keren kan..?
Tak cukup sampai disitu, Kobra juga dibekali fitur yang mampu mengatur posisi setang dan windshield. Dengan fitur ini, pengendara bisa menikmati beragam riding position yang diinginkan.
Wajar saja Giuggioli mengatakan kalau motor ini merupakan motor elektrik multiguna yang mampu memenuhi keinginan dan kebutuhan pengendara. Mau bergaya touring oke, mau bergaya racing juga tak masalah. Bahkan untuk kebutuhan harian pun dijabaninya.
Keunggulan lain yang disodorkan Kobra elektrik ini adalah pengaplikasian suspensi ESA II yang bekerja secara elektrik, dan bisa diatur sesuai kebutuhan. Yang paling menarik adalah sumber tenaga listriknya tak akan pernah habis. Pasalnya motor ini dipersenjatai dengan teknologi robotik, Kinetic Energy Regenerative System (KERS). Jadi, kapan pun melakukan pengereman baterai Lithium nya akan kembali terisi.
Wow.. Dengan fitur dan teknologi yang diusungnya, menjadikan Kobra sebagai motor listrik dengan teknologi paling maju saat ini. Pasalnya teknologi ini mirip dengan teknologi KERS yang diaplikasi pada mobil F1.
Sayangnya, belum ada data teknis yang menyebutkan berapa besar luaran tenaga, torsi, kecepatan puncak dan akselerasinya.
Tapi hal itu bukanlah masalah. Pasalnya, MotoCzysz sendiri merupakan produsen motor balap bertenaga listrik, E1pc. Jadi tak perlu diragukan lagi doong kemampuan larinya.